Cara Mudah Mengecek Kondisi Mesin Mobil Bekas yang Hendak Dibeli

Mencari mobil bekas berkualitas bisa dibilang susah-susah gampang karena memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun, hal tersebut bukanlah sesuatu yang mustahil; mendapatkan mobil bekas dengan kualitas terbaik juga bisa diwujudkan jika Anda jeli dalam memilihnya.


Dilansir dari situs liputan6.com, saat membeli mobil bekas, ada beberapa hal yang perlu diperiksa. Salah satu komponen utama yang harus diperhatikan adalah mesin mobil. Sebab, mesin merupakan bagian terpenting pada kendaraan bermotor. Dengan melakukan pemeriksaan mesin, Anda bisa tahu seperti apa kondisinya.

                Bagi orang awam yang kurang paham soal mesin, penampilan luar menjadi penilaian utama saat membeli mobil bekas. Padahal, mobil dengan tampilan mulus tak menjamin kualitas mesin. Begitu pun sebaliknya. Oleh karena itu, pemeriksaan mesin mobil tak boleh dilewatkan bila Anda berencana membeli mobil bekas.


1.      Periksa kondisi ruang mesin

Memeriksa kondisi mesin mobil sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah. Untuk mengetahui bagian ruang mesin, Anda hanya perlu membuka kap mesin dan mengamatinya dengan teliti. Dilansir dari medcom.id, jika terdapat cat yang relatif baru pada sekeliling ruang mesin, hal tersebut bisa menjadi indikasi bahwa mesin mobil tersebut pernah diturunkan. Penyebab mobil turun mesin pun cukup bervariatif. Mulai dari terkena banjir, kecelakaan, dan lain sebagainya.


2.      Kondisi mesin mobil

Selain memeriksa ruang mesin, periksa juga kondisi mesin mobil bekas tersebut, seperti kondisi fisik mesin dan ada atau tidaknya kebocoran bahan bakar atau oli. Anda hanya perlu mengamati setiap bagian mesin dan memastikan bahwa tidak ada rembesan cairan. Selain itu, perhatikan pula mur dan baut pada mesin mobil.


3.      Starter mobil untuk mengetahui suara mobil

Yang tak kalah penting adalah memeriksa suara mobil dengan menstarternya. Pada tahapan ini, pastikan bahwa suara mobil tetap halus dan konstan. Mesin mobil yang terawat biasanya tidak tersendat-sendat jika dihidupkan. Tersendatnya mesin ketika dinyalakan bisa menjadi indikator bahwa aki mobil dalam kondisi bermasalah.


4.      Periksa indikator dan speedometer

Tahap selanjutnya adalah memeriksa lampu indikator. Jika lampu indikator pada dashboard—yang menunjukkan kondisi mesin—tidak menyala, tandanya mesin mobil dalam kondisi bagus. Selain memastikan lampu indikator, coba gas mobil secara perlahan, kemudian lepaskan. Saat melepas gas, perhatikan pergerakan jarum RPM. Jika pergerakannya stabil naik turun, berarti tidak ada masalah pada mesin mobil.


Untuk mendapatkan mobil bekas berkualitas, pastikan pula bahwa mesin mobil memiliki getaran yang seirama. Selain itu, perhatikan pula gas buang pada knalpot. Supaya lebih yakin dengan kondisi mobil, lakukan test drive sebelum membeli. 

Post a Comment

0 Comments